Resep Memasak 30. Ayam Betutu Gilimanuk Bikin Nagih

30. Ayam Betutu Gilimanuk. Selain menu andalan kami yaitu ayam betutu dan bebek betutu, yang merupakan ciri dari rumah makan Ayam Betutu khas Gilimanuk, kami juga menyediakan aneka masakan lainnya, sperti : Nasi Campur Bali Tempo Doeloe, yang menjadi menu andalan kami yang kedua. Sengaja ke terminal Gilimanuk, disana ada warung yg emang ayam betutunya muanteb banget, gak bakal bisa dilupain yg satu itu dari rasanya yg khas. Sekarang udah cobain sendiri masak ayam betutu sekalian buat #BancakanOnlineBarengCookpad menjelang Idul Adha , dan insya Allah kalo rezeki bisa dapetin […] Assalamualaikum warohmatullohi wabarokatuh Hai sobat dapurmelodi, gimana kabar kalian semuanya, di masak dapur kali ini kita akan mengadaptasi resep ayam betutu Gilimanuk dari buku pak William.

30. Ayam Betutu Gilimanuk Resep AYAM BETUTU Khas Gilimanuk Bali. Recipe by Xanderskitchen 😊 sering banget bolak balik Bali dan hampir tiap hari kalau disana kepengen makan ayam betutu ini yang sangat khas disana selain nasi campur tentunya. hehe jangan pelit bumbu yah say. karena menu ini kudu medok hehe Aku biasa makan. Pak Suami mendadak ngidam ayam betutu tp request yg g pedes! okelah gpp tetep enak koq. stlh browsing sana sini akhirnya pilihan jatuh pd resep dr blognya mba Yurike Sasaki (makasih banyak mba!). yuk cekidot resepnya! You can cook 30. Ayam Betutu Gilimanuk using 22 ingredients and 4 steps. Here is how you achieve it.

Ingredients of 30. Ayam Betutu Gilimanuk

  1. You need 1 ekor of Ayam kecil.
  2. You need 500 ml of Air.
  3. Prepare of Bumbu Iris.
  4. You need 2 batang of Sereh.
  5. Prepare 2 buah of Cabe Merah Besar.
  6. It’s 10 buah of Cabe rawit (optional).
  7. Prepare 7 siung of Bawang Merah.
  8. It’s 4 buah of Bawang Putih.
  9. It’s of Bumbu Halus.
  10. It’s 1/2 sdt of Merica.
  11. You need 1/2 sdt of Ketumbar.
  12. It’s 5 buah of Kemiri.
  13. It’s 2 ruas of Kunyit bakar.
  14. You need of Bumbu Parut.
  15. Prepare 1 ruas of Kencur.
  16. You need 2 ruas of Jahe.
  17. You need 2 ruas of Lengkuas.
  18. You need of Bumbu Pelengkap.
  19. Prepare 1/2 blok of Terasi bakar.
  20. It’s 1 sdt of Garam.
  21. Prepare 1 sdt of Kaldu bubuk.
  22. It’s 1/2 sdt of Gula.

Resep Ayam Betutu Masakan Khas Gilimanuk – Salah satu resep masakan khas nusantara dari Bali yang cukup populer adalah Ayam Betutu. Masakan yang lebih terkenal di daerah Gilimanuk – Bali ini ternyata bukan hanya digemari oleh masyarakat Indonesia, tapi juga disukai oleh para wisatawan asal mancanegara yang kebetulan berkunjung dan melakukan perjalanan wisata di pulau Dewata tersebut. Cara Membuat Ayam Betutu Gilimanuk: Cuci bersih setiap bagian ayam. Selanjutnya, lumuri ayam dengan garam dan jeruk nipis.

30. Ayam Betutu Gilimanuk step by step

  1. Siapkan ayam yg sudah dicuci & bumbunya.
  2. Tumis bumbu halus + bumbu parut + terasi, tambahkan irisan bwg merah & putih.
  3. Setelah harum, tambahkan potongan cabe merah besar & rawit (saya gak dikasih rawit karna ada yg gak suka pedas, disiapkan terpisah dibuat sambal matah) + irisan sereh.
  4. Jika sudah layu & aromanya wangi, tambahkan ayam & air sampai menutupi ayamnya, beri garam, gula, & penyedap. Tunggu hingga air menyusut. Ayam betutu siap dihidangkan 🙂.

Panaskan minyak goreng dan tumis semua bumbu yang sudah diiris dan diparut. Tunggulah hingga matang dan berbau harum. Ayam betutu biasanya dibuat dari ayam jantan utuh atau bebek. Setelah itu disajikan bersama pelengkap seperti lawar pegagan, sambal matah, kacang goreng, dan atau plecing kangkung. Jika menilik dari sejarahnya, memasak ayam betutu awalnya dilakukan secara kuno dan dilengkapi dengan bumbu cabai serta base genep khas Bali.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.