Resep Ayam bakar taliwang + sambel Lezat

Ayam bakar taliwang + sambel. Resep Ayam Taliwang – Siapa sih yang tidak tahu menu lezat yang satu ini? Ayam taliwang adalah salah satu hidangan khas Nusantara yang berasal Ayam taliwang sangat cocok dijadikan ide untuk masakan sehari-hari. Lihat juga resep Ayam Bakar dan sambel Taliwang Khas Lombok Ala Bun'Nies enak lainnya.

Ayam bakar taliwang + sambel Ayam bakar ini bisa dijadikan menu makan sarapan, makan siang bahkan makan malam. Biasanya ayam bakar disajikan dengan pelengkap lalapan sayur mentah seperti kol, mentimun, kemangi tomat dan juga sambal. Jadi versi Wikipedia, ayam taliwang adalah salah satu ayam bakar yang dibuat dengan bahan utama daging ayam dengan bumbu ayam bakar sederhana pada Rahasia Mengolah Ayam Bakar Taliwang : Lumuri ayam dengan air jeruk limau dan garam. Kamu bisa membikin Ayam bakar taliwang + sambel using 31 bahan dan cara membuat 8. Berikut ini adalah cara meresep nya.

Bahan Yang Diperlukan Untuk Membuat Ayam bakar taliwang + sambel

  1. Persiapkan 1 ekor dari ayam kampung (boleh pake ayam apapun yaa).
  2. Campurkan 1 buah dari tomat.
  3. Campurkan 4 lembar dari daun salam.
  4. Tambahkan 1 batang dari sereh (geprek & simpul).
  5. Persiapkan 1 ruas dari lengkuas (geprek).
  6. Campurkan 1 dari Gula merah.
  7. Campurkan 1 buah dari kara (65ml).
  8. Campurkan 1 sdt dari garam.
  9. Campurkan 1 sdt dari penyedap rasa (aku pake royco ayam).
  10. Campurkan 3 dari Daun jeruk / 1sdt bubuk daun jeruk.
  11. Campurkan dari 卤1L Air.
  12. Campurkan Secukupnya dari Jeruk lemon/cuka.
  13. Persiapkan Secukupnya dari mentega.
  14. Campurkan dari Bumbu Halus.
  15. Persiapkan 8 siung dari bawang merah.
  16. Campurkan 4 siung dari bawang putih.
  17. Campurkan 3 buah dari kemiri.
  18. Campurkan 1 buah dari cabai merah besar.
  19. Tambahkan 1 ruas dari Kunyit, Jahe, Cikur (kencur).
  20. Persiapkan 1 sdt dari Merica.
  21. Campurkan 1 sdt dari ketumbar.
  22. Persiapkan 1 buah dari terasi (aku pake terasi merk Abc).
  23. Campurkan dari Bahan sambal.
  24. Campurkan 4 siung dari bawang merah.
  25. Campurkan 2 dari cabai kriting merah.
  26. Campurkan 4 dari cabai rawit merah (boleh disesuaikan).
  27. Tambahkan 1 buah dari terasi (aku pake terasi abc).
  28. Persiapkan Secukupnya dari garam.
  29. Tambahkan Secukupnya dari penyedap rasa (aku pake royco ayam).
  30. Tambahkan Secukupnya dari gula putih.
  31. Campurkan Sedikit dari gula merah.

Resep ayam bakar taliwang ini bisa dibilang memang tergolong baru muncul dan dikenal oleh sebagain besar dari kita. Tetapi sebenarnya, masakan ayam yang menggunakan bumbu ayam bakar taliwang ini sudah sangat terkenal dan digemari di daerah asalnya, yaitu Taliwang di Mataram. Ayam bakar yang juga memiliki penggemar tersendiri adalah ayam bakar taliwang. Banyak orang mengatakan proses pembuatan makanan ini tidak mudah, sebenarnya tidak juga.

Langkah Langkah Membuat Ayam bakar taliwang + sambel

  1. Cuci bersih ayam 馃憠 Beri perasan jeruk lemon/cuka agar tidak amis 馃憠 diamkan beberapa menit 馃憠 cuci bersih ayam kembali 馃憠 kukus ayam 卤5 menit terhitung setelah air mendidih Note: kalau ga di kukus juga gapapa kok.. Berarti nanti airnya pakai 1L.. Kalau ayamnya di kukus dulu, takaran airnya aku saranin kurangin dikit yah.. Soalnya aku coba di kukus dan air 1L kayanya kebanyakan 馃檲 untung ayamnya ga hancur karena ayam kampung 馃槄.
  2. Cuci bersih bahan perbumbuan 馃憠 Haluskan bahan bumbu halus 馃憠 potong bebas tomat (aku potong bagi 6) 馃憠 panaskan minyak dalam wajan 馃憠 Masukkan tomat (masak hingga matang & hancur) 馃憠 masukan bumbu halus, daun salam, Sereh, lengkuas, dan daun jeruk 馃憠 masak hingga wangi.
  3. Setelah bumbu wangi masukan ayam 馃憠 aduk hingga tercampur rata.
  4. Masukan air, kara, gula merah, penyedap rasa dan garam kedalam ayam yg sudah tercampur bumbu tadi 馃憠 Masak ayam hingga air surut (aku pake api kecil banget biar bumbu meresap sempurna 馃槈 wajannya juga aku tutup dan sesekali jgn lupa aduk yaaa).
  5. Setelah air agak surut, jangan lupa koreksi rasa yaaah 馃槝 Nahhh dibawah ini foto ketika airnya udh surut.. Cantikk 馃槏 udah keliatan sedapnya kannn 鉂o笍 hihihi.
  6. Sebelum bakar bakar kita buat sambel nya dulu yuk 馃槈 Cara membuat sambel: 1. Haluskan semua bahan kecuali garam, penyedap rasa, gula merah, gula putih 2. Panaskan minyak dalam wajan 3. Tumis sampai harum dan tambahkan air sedikit aja 4. Masukan garam, penyedap rasa, gula merah, gula putih 5. Masak sampai air larut dan keluar minyak.
  7. Cara membakar ayam: 1. Oleskan margarin di teflon 2. Bakar ayam setengah mateng 3. Oleskan bumbu" sisa ketika merebus ayam tadi 4. Bakar kembali hingga matang.
  8. Sajikan ayam dengan sambal, nasi, lalapan 馃い馃構 disini aku ga punya lalapan adanya perkedel kentang 馃檲.

Karena dengan adanya resep ayam bakar taliwang di bawah, mulai sekarang ini Anda bisa membuatnya sendiri di. Ayam taliwang merupakan primadona kuliner yang menjadi ikon makanan khas masyarakat Lombok. Ayam taliwang memiliki sensasi rasa yang pedas dengan kuatnya kencur. Ayam yang digunakan ialah ayam kampung muda agar terasa lebih gurih dan empuk. Sajian ayam bakar taliwang mungkin sudah tak lagi asing ditelinga anda.

Tinggalkan Balasan